twitter

"Every man dies, but not every man really lives" ~ Mel Gibson ~

"Every moman dies, but not every woman really lives" ~ arnov ~

"Every people dies, but not every people really lives" ~ Mel Gibson feat. arnov ~

Seperempat abad sudah saya habiskan waktu hidup di muka bumi ini, tapi saya masih mencari apa arti hidup. Gesang saja pada umur 23 tahun sudah menciptakan lagu Bengawan Solo. Kamana wae atuh jang...? Tapi lebih cocoknya bukan 'masih mencari', tapi 'meluruskan kembali arti kehidupan', yang selama ini masih zig-zag.

Lalu apa arti hidup itu sendiri? Menurut pelajaran biologi sendiri, sesuatu dikatakan hidup bila bernafas, bereproduksi, dan yang lainnya saya lupa. Tapi, saya ini manusia. Biasanya manusia melakuan kegiatan yang disebut hidup seperti ini: bangun, mandi, sarapan, bekerja, pulang, istirahat, tidur lagi, diantaranya diselingi interaksi antar sesama yang di dalamnya ada cinta, toleransi, komitmen, dan lain-lain yang dilakukan sepanjang hidupnya. Apakah cukup itu saja? Setelah tua, pagi-pagi baca koran, siangnya tidur lagi, dan seterusnya hingga menunggu ajal. Boleh lah tiap orang berbeda, tapi secara umum saya kira seperti itu.

Owhh, saya sendiri tidak ingin seperti itu. Harus ada sesuatu yang sangat berarti, minimal untuk saya sendiri yang harus saya lakukan agar saya benar-benar hidup. Benar sekali apa yang dikatakan Mel Gibson di atas, di filmnya Braveheart meskipun dia mati di tangan penjajah Ingris, tapi hidupnya benar-benar berarti dengan perjuangannya mempertahankan tanah Irlandia.

Dan apakah yang akan membuat saya benar-benar hidup? Menjadi tentara atau polisi kah agar bisa mengabdi pada negara? Hahaha, untuk menjadi tentara atau polisi itu butuh modal yang gede.

Mantapkan saja dalam diri, buat rencana yang jelas, dan do'a yang ikhlas agar semuanya lebih berarti.
19 May 2010 | 0 komentar |

0 komentar: